Daftar Blog Inspirasi

Kamis, 17 Desember 2009

Panggil Aku,.,.,..,.saja !!!!


Ada yg aneh dan lucu dalam perjalanan hidup ini.
Karena menyangkut sebuah entitas nama keseharian yg seiring waktu terus berevolusi.
Apalah arti sebuah nama, sebuah kalimat yg sering kita dengar. Bagi Orang Tua ditinjau dari segi material adalah suatu yg mahal karena mengorbankan dua ekor kambing,heee,, tapi dari sisi spritual nama merupakan Doa dan harapan orang tua kita sehingga dapat menjadi seperti dari esensi dari nama tersebut.

Banyak Inspirasi yg diambil dari orang tua kita, untuk menentukan nama anaknya. Misalnya diambil dari nama Tokoh yg dikagumi beliau seperti soekarno,Hatta dll .Bisa juga dari bentuk fisik atau ciri khas yg dimiliki org tersebut seperti botak, bacrit, anjang karena tinggi alias panjang. Dan masih banyak lagi inspirasi lagi baik dari peristiwa, kejadian alam, tempat , waktu, bulan, dsb.

Ada cerita dari teman yg memberi anaknya dgn nama yang sama nama seorang ulama tak lama kemudian anak tersebut jatuh sakit yang tak kunjung usai walaupun diberi obat. Ternyata dari cerita teman tersebut anakx tak mampu menerima " Kekuatan " dari nama ulama tersebut.

Biasanya nama dari anak diikutkan nama orang tuanya/nama keluarga besar dibelakang nama anak tesebut. Misalnya Syahrul Yasin Limpo. tapi menurut hemat saya jika kita mempunyai nama orang tua dibelakang nama kita, mempunyai tanggung jawab yang sangat besar yang kita harus pikul untuk menjaga nama baik keluarga kita.

Ada yg menarik, lucu, aneh atau inkosistensi buat sy selama ini. Kalau dari segi Hukum yg diterjewantahkan dalam bentuk sertifitikat alias Akta kelahiran, nama saya " Muhammad Ilham Alimuddin " berarti yg diakui oleh negara adalah nama tersebut. Tapi dari sisi sosial (tidak resmi) nama panggilan/julukan saya sering berubah. Nama julukan bisa jadi diambil dari bagian dari nama orang itu sendiri dan/atau bahkan sama sekali tidak ada kaitannya dengan nama orang tersebut ( sumber: wikipedia ).

Seingatku waktu sy berumur sekitar 4 tahun, dirumah sy dipanggil" KARIBO atau ibo ", krn dulu rambutku ikal banget,heeee ... Tapi di sekolah teman - teman sewajatku memanggil nama " illang " yg diambil dai bagian nama asliku sendiri yg digabungkan dgn kultur bugis dgn akhiran " ng ". ada juga sepupu yg lama tinggal diluar sulawesi memanggil " lahang ", tak tahu alasanx knp panggil demikian. sewaktu SMU dulu, krn sy ikut berpartisipasi di dunia organisasi jadi sering bersentuhan dgn sinar matahari maka kulit yg agak item ini bertambah item. ada teman dan adik kelas yg manggil " PUKO" alias PUTIH KOPI,heeeee,,,,Berjalan seiring waktu, memasuki dunia kampus . pada saat pengumpulan MABA. Sy melihat banyak teman2 seangkatanku yg bernama ilham, jadi sy berpikir bahwa untuk membedakan identitas sy dgn lainnya , sy harus menggantinya . Karena dulu lagi terkenalnya AA' GYM, jadi ketika ada teman yg bertanya nama, maka sy bilang aa'.heee,,Tpi yg lebih lucu lagi bagi saya ada teman yg juga mengganti namax dgn nama aa'.haaahhhaa,,,, Ada satu dua orang juga yg biasa panggil nama " ILO " .

Dan yang terakhir sampai saat ini ketika menaiki jenjang pendidikan yg berikutnya, teman - teman dikelas memanggil i'am. Ini mungkin dikarenakan melihat nama em & FB ku. Inspirasi sy mengambil nama i'am philosophia, i'am terinspirasi waktu melihat sinetron yg di plat mobilx I 4 M trus philosophia dari nama cafe baca yg dirintis teman2 sy. banyak teman maya saya yg mengira bahwa sy seorang filosof karena dari nama saya ( dalam bahasa Indonesia ) padahal sy seorang pelayan.

Sampai saat ini , sy belum tahu alasan atau harapan atau doa orang tua saya kelak,,,??? Mungkin saja harapanx menjadi Ilham Arief sirajuddin atau ilham jaya kusuma atau ilham - ilham lainnya , tapi yg sy yakini beliau ( sembah sujudku kepadanya ) memberi nama tersebut sesuai hakikat nama itu sendiri.
Bagi orang- orang, nama ILHAM mungkin nama pasaran yg banyak dipakai oleh orang lain. Tapi bagi saya hanya sedikit orang yang bernama ilham dapat mencapai Hakikat ilham itu sendiri. sebagaimana yg dituliskan dalam kitab suci Al-Qur'an, sebagaimana yg sering dilantungkan pada saat takbir hari raya Islam.
Dan sampai saat ini sy masih mencari ilham sebagaimana ilham.
Mungkin inilah yg menyebabkan nama julukan sy sering berubah - ubah seiring pencarian hakikat ILHAM itu sendiri.


ilham>>Karibo>>ibo>>illang>>lahang>>puko>>ilo>>aa'>>i'am>>,,,,,,,>>ILHAM.

Dari ILHAM Menuju ILHAM. Innalillahi Wa Innalillahi Raji'un.


Tamalanrea,B-301 ( ditulis pd saat belajar Manajemen Kuantitatif )
17 Desember 2009

0 komentar:

Posting Komentar